Rumput Fatimah Merangsang Kontraksi Kelahiran?

Rumput Fatimah Merangsang Kontraksi Kelahiran?

Rumput Fatimah Merangsang Kontraksi Kelahiran?
Rumput Fatimah Merangsang Kontraksi Kelahiran?
Rumput Fatimah Merangsang Kontraksi Kelahiran? - Kamu pasti tahu dong rumput fatimah, rumput / tanaman yang sering dipakai untuk memperlancar persalinan. Rumput fatimah berkhasiat obat untuk menginduksi ibu hamil. Namun jangan sembarang mengonsumsi. Dalam pemakaian tak terkontrol, kontraksi akibat rumput fatimah membuat perut ibu hamil hampir robek.

ADA satu oleh-oleh haji yang banyak ditunggu para calon penerima, yakni rumput fatimah. Kini rumput fatimah telah banyak ditanam dan relatif mudah dijumpai di Indonesia. Tumbuhan semak asal Arab itu dipercaya membawa berkah bagi penerima, terutama pengantin baru atau ibu hamil. Konon, rumput fatimah sangat memudahkan proses persalinan.

Rumput fatimah atau disebut pula mawar jeriko adalah tumbuhan ajaib. Betapa tidak! Walau kering dan telah disimpan puluhan tahun, jika hendak digunakan direndam dalam air bakal mekar dan kembali segar. Air rendaman rumput fatimah itulah yang diyakini berkhasiat melancarkan proses persalinan.

Usia kehamilan Yani, misalnya, dinilai sudah kelewat bulan. Dalam perhitungan, usia kehamilan anak keduanya itu telah sembilan bulan 10 hari lebih. Karena itulah dia waswas. Mengikuti  saran orang tuanya, Yani minum air rendaman rumput fatimah. Setelah minum beberapa kali, tak lama berselang dia mengalami kontraksi. Mendapati gejala hendak segera melahirkan, Yani segera ke rumah sakit. Dan, dia pun segera melahirkan secara normal.

"Semula saya tidak percaya. Keterlambatan lahir dari jadwal yang diperkirakan ya karena belum saatnya. Namun setelah lewat beberapa hari saya pun waswas. Ketika disuruh minum air rumput fatimah ya saya turuti saja.Alhamdulillah, tak lama berselang saya kontraksi dan bisa melahirkan secara normal dan sehat,'' kata Yani.

Telah banyak yang membuktikan manfaat tumbuhan bernama Latin Labisa pumila, atau dalam bahasa Arab disebut kaf mariyam, telapak tangan Mariyam, itu. Di pasaran ada banyak produk jamu menggunakan bahan utama rumput fatimah. Mereka percaya rumput fatimah sangat bermanfaat bagi wanita, antara lain melancarkan proses menstruasi, meningkatkan jumlah hormon kewanitaan atau dalam dunia medis dikenal dengan nama estrogen, dan yang menarik bisa membuat tubuh lebih langsing. Benarkah?

Ahli farmasi RS dr Kariadi Semarang, Alkhamudi SSI Apt, mengemukakan secara medis rumput fatimah memang berkhasiat membantu kontraksi dalam proses persalinan. Secara empiris, penggunaan rumput fatimah bagi ibu yang akan melahirkan sering ditemukan. Pada 1998 diadakan penelitian terhadap tumbuhan itu. Hasilnya, rumput fatimah mengandung bahan fitokimia yang membantu menimbulkan kontraksi rahim.

Dalam penelitian itu juga diketahui, tanaman tersebut memiliki kandungan oksitosin. Zat sejenis oksitoksin yang terkandung dalam rumput fatimah sama seperti obat untuk menginduksi ibu hamil agar terjadi kontraksi. Dalam beberapa penelitian lain, rumput fatimah diketahui memiliki efek melindungi fungsi hati (hepatoprotektor), antimikroba, dan mengandung antioksidan. Namun studi akurat mengenai kadar senyawa yang terkandung, efek yang dihasilkan, serta keamanan rumput fatimah terhadap ibu hamil dan bayinya masih sulit ditemukan. Karena itu, konsumsi air rendaman atau rebusan tanaman itu tidak dianjurkan kalangan medis.

Rumput Fatimah Merangsang Kontraksi Kelahiran?

Meski rumput fatimah berkhasiat membantu persalinan, Kepala Seksi Perbekalan Farmasi Bidang Penunjang dan Sarana RS Kariadi Semarang itu menyatakan sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi rumput fatimah secara sembarangan, tanpa pengawasan dokter. Karena, zat fitokimia selain membantu kontraksi juga dapat menyebabkan perdarahan. "Perdarahan terjadi karena zat dalam rumput fatimah menyebabkan pembuluh darah pecah dan otot stres," ujar alumnus UGM itu.

Apalagi yang jadi masalah, dosis kandungan fitokimia tak bisa diukur dalam penggunaan secara tradisional. Dalam penggunaan, akar tumbuhan itu biasanya direndam. "Air rendaman itulah yang diminum. Makin lama direndam, kadar zat fitokimia yang terlarut pun kian pekat. Dosisnya bisa berlipat-lipat. Pada obat-obat modern, masalah variasi itu tidak terjadi. Semua bahan aktifnya jelas. Dosis pun terukur," tutur ayah tiga anak itu.

Minum jamu ala rendaman akar rumput fatimah akan menimbulkan masalah, terlebih jika dikonsumsi pada proses persalinan. Alkamudi menuturkan kebanyakan dokter biasanya memberikan obat modern yang merangsang kontraksi. Jika keduanya digunakan bersamaan, bisa dipastikan efeknya bisa dobel.

Yang dikawatirkan, jika mulut rahim belum terbuka, efek kuat kontraksi bisa sangat berbahaya. Risikonya rahim bisa robek atau terjadi perdarahan setelah melahirkan atau bahkan kematian pada janin. ''Biasanya dokter tidak mengizinkan penggunaan obat-obatan tradisional seperti itu,'' katanya.

Dokter Okky Oktafandhi SpOG, spesialis kandungan RS Internasional Bintaro, menyatakan gara-gara rumput fatimah dia pernah mendapati rahim pasien sangat tipis. Bahkan sedikit lagi mungkin harus diangkat, karena menyebabkan perdarahan terus-menerus. Karena itu dia menyarankan pasien tidak minum rumput fatimah menjelang persalinan. Mengingat, efeknya bisa sangat membahayakan jika salah dalam dosis dan aturan meminum. Itu pula yang dikatakan dr L Pieter SpOG dari RS IMC Bintaro. Dia mengemukakan pernah menolong pasien yang mengalami perdarahan pascapersalinan luar biasa akibat meminum ramuan rumput fatimah.
"Pada kedua kasus itu masalahnya jelas, para dokter tak pernah bisa mengukur dosis yang tepat penggunaan rumput fatimah pada pasien," ujar Alkamudi.

Dia menyarankan karena belum ada bukti ilmiah yang jelas mendukung, sebaiknya ibu hamil berhati-hati mengonsumsi rumput fatimah agar tak membahayakan diri dan bayi yang dikandung. "Jadi meski khasiat rumput fatimah diakui banyak orang, tetap percayakan kesehatan ibu dan bayi dalam perutnya pada dokter. Jangan pernah mengonsumsi obat tradisional dalam keadaan hamil tanpa konsultasi dengan dokter kandungan!" tegas dia.

Penulis: octavinsu Lokasi: Jakarta, Indonesia

Terimakasih, Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Hamil / Rumput dengan judul "Rumput Fatimah Merangsang Kontraksi Kelahiran?" http://ragamanfaat.blogspot.com/2014/07/rumput-fatimah-merangsang-kontraksi.html.

0 comments:

Post a Comment